Cara Membuat Semangka Kotak dan macam macam bentuk lainya





     siapa sih yang gak kenal buah semangka? Buat yang doyan banget sama semangka, jangan pernah mau untuk tinggal di jepang!! pasti sengsara banget deh rasanya Sumpah.. kita tahu, harga semangka disini untuk yang kualitasnya biasa saja mungkin bisa kita dapatkan berkisar 10-15ribu rupiah, di jepang malah dijual dengan harga sekitar 2000 yen atau sama dengan (Rp.160.000) per-buah, sementara untuk yang kualitas bagus harganya sekitar 4000 yen (Rp.320.000). selama ini dijepang masyarakat pertanian dan budidaya buah semangka sedang dalam proses perbaikan mutu buah yang lebih efisien.
    Malahan dalam kurun waktu belakangan ini selain semangka kotak, muncul juga semangka-semangka berbentuk lain. Yang sudah pernah diperlihatkan diantaranya semangka segitiga, semangka bulat raksasa, semangka bentuk hati, dan yang bikin heran lagi, konon ada semangka bentuk muka orang! memang banyak cara untuk membuat bentuk semacam itu, mungkin bisa dimulai dari rekayasa pertanian.
      Hingga sekarang ini harga-harga semangka terbaru ini juga lebih mahal daripada semangka kotak. kalo yang pernah dipublis di shibuya jepang mungkin harga semangka segitiga sekitar 30.000 yen (2,4 juta rupiah), tapi ternyata harganya cukup bervariasi tergantung besarannya juga. kalau sempat kita bisa bandingkan perbedaan harganya di pasar internet, semangka segitiga biasanya seharga sekitar 30.000-100.000 yen (100.000 yen = 8 juta rupiah). Menakjubkan bukan! 
      Kreasi ini sudah lama populer di Jepang sekitar tahun 2007. Jepang seringkali mempunyai keterbatasan dalam hal tempat penyimpanan, terutama di daerah berpenduduk padat. Hal ini menjadi dilema bagi pemilik toko penjual makanan. Dan seperti swalayan pada umumnya, pemilik toko memiliki keterbatasan dalam meyimpan semangka. Semangka yang berbentuk bulat dan besar banyak memakan tempat penyimpanan. Hal inilah yang memunculkan ide bagi petani disana untuk membuat semangka berbentuk kotak. Dan walaupun sebelumnya sempat disangsikan keberhasilannya oleh banyak pihak. Faktanya, sekarang semangka kotak sudah tersedia.
    makanya saya pada kesepatan ini akan memberi tips untuk pembaca untuk bisa membuat atau menciptakan bentuk buah semangka sesuai yang kita inginkan misalnya: bentuk hati biasanya dikatakan bentuk love,petak, segitiga dan lain-lain. agar daya membeli dan harganya bisa di tingkatkan sesuai mutu dan ukuran berat buah semangka,makanya kita sebagai petani atau kewirausahaan muda harus punya kreatif-kreatif dalam melakukan dan membuat sesuatu.agar barang atau produk yang kita hasilkan tidak membuat pelanggan bosan.

           Pernah terlintas dipikran saya apakah bibit semangka yang digunakan merupakan bibit khusus atau ini sebuah magic ( sihir ) ? karena semangka berbentuk kotak ini saja sempat membuat bingung, apalagi semangka dengan bentuk aneh ini, semangka ini menggunakan cetakan khusus agar bentuknya mau seperti yang diharapkan. Adapun cetakan yang digunakan seperti ini :





Adapun Cara Membuat Semangka Kotak

Semangka umumnya berbentuk bulat dengan ukuran yang cukup bervariasi. Namun, demi memenuhi keinginan konsumen yang terus berkembang, diperlukan variasi semangka, baik dalam bentuk, ukuran, maupun warna kulit buah. Keterbatasan ruang pada keluarga Jepang telah mendorong munculnya ide membuat semangka berbentuk kotak pada sekitar tahun 1980-an. Dengan semangka dibentuk kotak, tidak banyak ruang yang terbuang pada lemari pendingin dan memudahkan proses pengemasan dan displai di supermarket.

Kini, semangka kotak sudah mulai banyak diproduksi di negara lain. Semangka kotak telah masuk ke supermarket di Amerika dan Eropa dengan harga hampir 10 kali lipat dari semangka dengan bentuk normal. Perkembangan terakhir semangka tidak hanya dibuat seperti kotak, tetapi juga dibuat berbagai bentuk, seperti wajah orang dan lambang cinta. Untuk para pekebun, produksi semangka kotak dapat meningkatkan nilai ekonomi dari buah yang dihasilkan.

Produksi semangka kotak pada dasarnya adalah membesarkan buah semangka sesuai dengan wadah yang disiapkan di sekeliling buah. Hal yang sangat penting dalam membuat wadah pembentuk buah adalah ukuran wadah. Jika ukuran terlalu kecil, wadah akan pecah atau buahnya yang akan pecah. Sebaliknya, bila ukurannya terlalu besar, bentuk kotak tidak akan tercapai karena buah yang terbentuk tidak dapat memenuhi volume kotak yang dibuat.

Teknik memproduksi semangka kotak sebagai berikut:
  1. Untuk memudahkan pengukuran ukuran kotak, pilih varietas yang memiliki bentuk bulat, misalnya red top atau baskara.
  2. Tetapkan ukuran kotak yang sesuai dengan varietas yang akan dimodifikasi, dengan perhitungan di bawah ini: a. Teliti deskripsi varietas yang ditanam untuk mengetahui diameter buah standar untuk varietas tersebut, misalnya 16 cm. Tetapkan jari-jari lingkar buah, yaitu setengah diameter atau sama dengan 8 cm. b. Tetapkan volume buah dengan rumus (4/3) x phi x r3 atau (4/3) x 3,14 x 83= 2.143,57 cm3. c. Volume tersebut setara dengan panjang x lebar x tinggi. Dengan demikian, sisi dari kubus tersebut adalah akar pangkat 3 dari 2.143,57 cm3, atau sama dengan 12,9 cm.
  3. Persiapkan kotak dengan panjang sisi sesuai dengan perhitungan di atas. Bahan yang digunakan antara lain papan kayu dan lempeng logam. Namun, bahan yang sudah terbukti baik dan kuat adalah dinding dari bahan acrylic. Buat kotak yang dapat dibuka pada bagian sampingnya dan diikat dengan klem besi agar kuat ketika dipasang.
  4. Budi dayakan tanaman semangka sesuai dengan standar optimum dari varietas tersebut agar volume buah sesuai deskripsi dapat tercapai.
  5. Ketika ukuran dimeter buah sudah mencapai setengah dari ukuran normal, pasangkan kotak acrylic di sekeliling buah dan dasar buah. Ikat kuat kotak dengan klem besi dan gantungkan pada ajir. Umumnya, hal ini dapat dilakukan pada umur 40—45 hari, tergantung varietas.
  6. Pastikan air tidak menggenang pada kotak yang terpasang untuk menjaga agar buah tidak busuk.
  7. Lima hari sebelum panen, buka kotak agar kualitas rasa dan penampilan luar memiliki daya saing tinggi.






8 comments:

  1. beri komentar dari kawan kawan .....untuk menyempurnakan di mana yang kurangnya...

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dgn metode yg disampaikan, kalau boleh minta info, gimana proses memasukkan semangka dlm kotak. Sy susah membayangkan karna tanaman semangka kan tidak terlalu tinggi dan tangkai buah tidak terlalu panjang. Mohon info. Thx bgt gan..

    ReplyDelete
  3. Saya tertarik dgn metode yg disampaikan, kalau boleh minta info, gimana proses memasukkan semangka dlm kotak. Sy susah membayangkan karna tanaman semangka kan tidak terlalu tinggi dan tangkai buah tidak terlalu panjang. Mohon info. Thx bgt gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara memasukan semangka ke kotaknya dengan cara dari semngka sebesar jempol orang dewasa semngka sudah dimasukan di cetakan, maka nanti besarnya semangka akan mengikuti catakan semagka

      Delete
  4. Dmn ya tempat membeli cetakan semangka nya,n klo bikin kira2 yg ukuran brp x brp ya??m cetakan buah melon nya bro x brp ya??

    ReplyDelete
  5. Hallo.. saya juga ada rencana mau beli cetakan semangka kotak.. Jika tertarik, kita bisa join untuk beli cetakannya..sy sudah dapat suppliernya tp di luar negri.. Jika tertarik dapat email ke saya untuk diskusi..riansagita89@gmail.com

    ReplyDelete